Tuesday, May 21, 2013

Tips Membeli Burung Parkit


Sedikit berbagi informasi saya sebulan yang lalu beli burung parkit satu pasang, cuma iseng aja buat peliharaan. Berhubung nga ngerti soal ni burung saya beli aja sesuai apa yang di tawarkan dan sesuai budget, intinya saat beli ni burung ngga tau ini dan itu soal burung parkit itu sendiri.

Tapi setelahnya saya iseng cari tau tentang ni burung…  kebalik ya gan harusnya nyari tau dulu baru beli haha….

Ini gan burung parket yang saya pelihara, jenis lokal warna hijau…


Ok lah saya kumpulkan dari berbagai sumber tentang ni burung (maaf ya buat yg ngasih info ngga sy cantumkan nama sumbernya, yang ikhlas ya hehe…)

Tips membeli parkit untuk peliharaan atau di ternakan.
Kunjungi pedagang atau peternak burung yang pastinya menjual ni burung. jangan malu untuk bertanya, tanyakan semua hal yang agan pengen tau soal pelihara, ternak atau bisnis burung parkit. Ok beberapa informasi yang saya dapat dari para pecinta burung parkit.
  1. Untuk peliharaan sebaiknya membeli burung parkit yang masih muda sekitar 4-6 bulan, sedangkan untuk ternak sebaiknya membeli burung parkit yang sudah dewasa yang siap kawin karena yang di kejar hasil anakannya. Umur  lebih dari 6 bulan.
  2. Periksa jenis kelamin burung dengan melihat tanda-tanda fisik. Hal ini mudah dilakukan jika parkit sudah berusia lebih dari 6 bulan. Parkit betina memiliki cere (hidung) berwarna putih, sebagian ada yang berwarna krem pucat, sementara parkit jantan memiliki cere berwarna biru tua untuk yang dewasa dan biru muda untuk yang masih muda, tapi masih belum pasti masih bisa berubah.
  3. Parkit muda memiliki garis di dahi serta mata masih gelap. Sedangkan parkit dewasa garis-garis di dahi menjadi bersih dan pada mata muncul lingkaran putih, hal ini juga sama seperti pata jenis parkit albino (parkit warna bulu putih semua dengan mata merah) atau lutino (parkit warna bulu kuning semua dengan mata merah).
  4. Bintik hitam pada leher semakin jelas terbentuk (pada parkit dewasa), untuk jenis albino dan lutino tidak memiliki bintik hitam pada leher.
  5. Cara terakhir meraba bagian anus parkit, untuk jantan ada sedikit benjolan pada anus sedangkan betina rata. Cara ini butuh pengalaman tertentu hehe…(kata penjualnya lho).
  6. Pilih parkit jantan jika ingin burung yang lebih aktif, atau pilih yang betina jika ingin peliharaan yang lebih tenang.
  7. Memilih burung, sebaiknya membeli dari hasil penangkaran atau ternak karena lebih mudah dalam perawatan. Menurut sumber masih ada di daerah tertentu yang menjual parkit hasil dari penangkapan liar. Untuk membedakannya agak susah, yang paling mudah meminta kejujuran penjual, tanya parkitnya hasil ternak atau penangkapan liar.
  8. Untuk burung kicauan pilih burung parkit yang memiliki potensi untuk bisa dilatih suara atau trik, karena burung ini cukup pintar. (biasanya penjual sudah membiasakan diri merawat burung pada satu sangkar).

Terima kasih, semoga bermanfaat .

No comments:

Post a Comment

atra aksesoris

atra aksesoris : Belanja online aman dan nyaman dari atra aksesoris - Mengobati Dengan Bahan Alami