Friday, May 31, 2013

Mancing Ikan Nila Di Kolam

Liburan ke lembang kemarin saya isi dengan kegiatan mancing di kolam. kebetulan kolam yang saya datangi adalah pemancingan ikan nila, wah udah lama nich ngga ngerasain tarikan ikan nila.

Lokasi pemancingan di kp. nyalindung pasar ahad lembang dekat pengolahan/penampungan susu sapi KPBSU, yang punya kolam namaya kang Deden. 

Nanya aturan mainnya ternyata di sini di sebutnya mancing kilo angkat, maksudnya setiap ikan yang di dapat oleh semua pemancing harus di kilo dan di bayar, sekilonya 20 rb. Tentunya setiap pemancing dapat ikannya berbeda, ada yang banyak dan ada yang sedikit, malah ada pula yang nga dapet sama sekali tapi harus bayar dengan nilai yang sama. Jadi total kilo gram ikan yang di dapat pemancing harus di bayar dan jumlahnya dibagi rata ke setiap pemancing. Makanya supaya ngga rugi bikin umpannya harus bagus biar dapat ikannya banyak supaya orang lain yang bayarin maksudnnya nga rugi-rugi amat he...

Peraturan lainnya setiap pemancing harus memakai umpan yang sama, di sini biasa memakai umpan bandul atau pelet, maka pemancing yang lain harus memakai umpan yang sama juga. Untuk campurannya bebas kecuali pakai essen (perasa makanan). Kalo saya campurannya pakai SS umpan super nila. kebetulan beli satu set dari pemilik ikan karena kebetulan sedia umpan juga.

Sebelumnya saya buat umpan terlebih dahulu.
Bahannya:
  • 1/4 kilo gram pelet halus ( saat beli sudah di haluskan jadinya seperti tepung).
  • Super Nila SS 1 bungkus kecil.


Pengolahan:
Pelet sama super nila di campur menjadi satu, diaduk sampai rata kemudian di beri air hangat  (saya pake air kolam) jangan terlalu banyak, air ini bertujuan untuk mengikat kedua bahan tetapi adonan tetap kering masih gembur, karena ketika umpan masuk air umpan akan berjatuhan sedikit demi sedikit dan akan nisa yang kenyalnya sebesar mata kail, dan katanya ini di sukai sama ikan nila.

Tepat jam 10 pagi mancing di mulai dengan peserta ada 8 orang termasuk saya. Ikan susah sekali strike, emang kolam belum di isi ikan baru, karena susahnya dapet pasokan. Tapi di kolam masih kelihatan banyak ikannya. Kata si pemilik, ikannya udah pada garung tapi masih banyak sekitar 30 kg. Cukuplah buat kolam ukuran 12 m x 8 m tidak terlalu susah kayanya, yang penting di nikmati aja acara mancingnya.

Tepat jam 12 siang pemilik kolam merubah peraturan saking kasiannya sama yang mancing yang cuma strike 5 ekor dalam 2 jam, termasuk saya gan cuma dapat satu ekor nila sebesar 4 jari waduh capek dech...

Umpan di ganti sama lumut di mana jarang di pake buat mancing nila di kolam, soalnya bikin kotor tuch kolam dan pastinya harus di kuras.
Kang Deden nanya sama saya "kang tiasa nganggo umpan lumutna teu" (kang bisa pakai umpan lumutnya ngga), saya ngga bisa kang, tapi ajarin saya aja kang, yang penting bisa strike...

Setelah kontek yang biasa jualan lumut, akhirnya lumut di pakai sebanyak 1 ember kecil saya bayar 5 rb. Atas petunjuk kang Deden lumut saya olah.

  • Lumutnya lumut kolam panjang-panjang.
  • Dibersihin dari lumpur yang masih nempel.
  • Tambahkan air sampai lumut terendam air supaya lumut ngga cepat mati yang akhirnya akan bau.
  • Lumut di beri vaneli 1 bungkus supaya tetep seger (ada juga pemancing lain yang pakai garam dapur katanya biar lembut).


Cara pasang lumut pada kail saya di ajarin juga.
  • Pertama, tangan kiri memegang tali kail ( tengah-tengah rangkaian kail)
  • Kedua, tangan kanan memegang mata kail.
  • Ketiga, tangan kiri yang memegang tali kail celupin ke tempat lumut, tangan kanan yang memegang mata kail diputar-putar searah jarum jam ( antara tali yang di pegang dengan kail yang di pegang agak kenceng di tarik).
  • Keempat, tarik pelan-pelan rangkaian kail, akhinya nempel tuch lumut bulat panjang.

Dan terbukti tidak beberapa lama semua pemancing strike ikan empat jari sampai yang paling besar setengah kiloan keangkat sampai  jam 3.30  acara mancing selesai ikan dari semua pemancing di kumpulkan, total ikannya setelah di timbang dan di kurangi berat koja di hitung  9.5 kilogram.
Perhitungannya:
  • harga 1 kg ikan di kolam = 20.000,-
  • peserta ada 8 orang.
  • 9.5 kg x 20.000,- = 190.000,-
  • 190.000,- : 8 = 23.750,-
  • Maka setiap orang harus bayar 23.750,-.

Saya sendiri dapet ikan 2.5 kg ngga rugi kan he... bukan uangnya tapi bisa strike 2.5 kg sebanyak 9 ekor, lumayan lah buat ngisi liburan.

No comments:

Post a Comment

atra aksesoris

atra aksesoris : Belanja online aman dan nyaman dari atra aksesoris - Mengobati Dengan Bahan Alami